OPERATOR LOGIKA


OPERATOR LOGIKA
Operator logika (Logical Operator) adalah syntax program untuk menggabungkan 2 kondisi tertentu yang di inginkan, operator logika adalah operator yang paling banyak digunakan programer didalam sebuah program, Karena syntax operator logika inilah yang membuat program dapat mengambil keputusan dari sebuah nilai masukkan. Berikut adalah jenis-jenis operator logika yang dapat digunakan di dalam PHP :
Operator And / &&
Standard penulisan Operator And ini adalah “$x and $y” atau dapat juga “$x && $y”. Logika And ini adalah jika statement $x dan statement $y keduanya benar, maka nilai kembali (return value)operator tersebut adalah True. Jika salah satu saja salah antara statement $x atau $y maka nilai kembali (return value) operator tersebut adalah False. Berikut cara penerapan operator and tersebut :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
// Contoh 1
<?php
$x = 60;  
$y = 30;

if ($x == 60 and $y == 30) {
    echo "Hello PHP!";
}
?>
// Output
// Hello PHP!

//---------------------------

// Contoh 2
<?php
$x = 60;  
$y = 30;

if ($x == 60 && $y == 30) {
    echo "Hello PHP!";
}
?>
// Output
// Hello PHP!







Operator Or / ||
Operator Or ini bedanya dengan operator and diatas adalah jika salah satu statement $x atau $y benar, maka nilai kembali (return value) nya adalah True. Dan jika kedua statement nya $x dan $y salah, maka nilai kembali (return value) nya adalah False. Untuk standard penulisan syntaxnya adalah “$x or $y” atau dapat juga ditulis “$x || $y”, berikut penerapannya :

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
// Contoh 1
<?php
$x = 20;  
$y = 10;

if ($x == 20 or $y == 15) {
    echo "Hello PHP!";
}
?>
// Output
// Hello PHP!

//---------------------------

// Contoh 2
<?php
$x = 20;  
$y = 10;

if ($x == 20 || $y == 15) {
    echo "Hello PHP!";
}
?>
// Output
// Hello PHP!











Operator Xor

Operator Xor dan Operator Or memliki kesamaan, yakni jika salah satu statement $x atau $y benar, maka nilai kembali (return value) adalah True. akan tetapi untuk perbedaan antara Operator Xor dan Operator Or adalah untuk Operator Xor jika keduanya benar maka nilai kembali (return value) adalah False, sedangkan untuk Operator Or jika keduanya benar maka nilai kembali (return value) adalah True. Berikut adalah penerapannya :

1
2
3
4
5
6
7
8
9
<?php
$x = 100;  
$y = 50;

if ($x == 100 xor $y == 50) {
    echo "Hello PHP!";
}
?>
// No Output

Operator Not / !==
Operator not akan mengembalikan nilai (return value) bernilai True jika kondisi dalam sebuah statement adalah salah. Penulisan standardnya adalah “!$x”, untuk penerapannya sebagai berikut :

1
2
3
4
5
6
7
8
9
<?php
$x = 50;  

if ($x !== 40) {
    echo "Hello PHP!";
}
?>
// Output
// Hello PHP!








Tipe Data

Hal yang tak kalah pentingnya dalam belajar PHP adalah mengenal tipe data, PHP memiliki 8 jenis tipe data yang terdiri dari Tipe Data Numerik, karakter, dan tipe data spesial. Berikut ini adalah pembahasan tentang Tipe Data:

Integer

Integer merupakan tipe bilangan bulat atau bilangan yang tidak memiliki nilai di belakang koma, contoh bilangan integer adalah 100, 1283, 9999 dst. tipe data integer tidak dapat di masukan karakter huruf dan juga tidak bisa di masukan nilai bilangan pecahan jika bilangan pecahan di masukan maka akan terpotong hanya bilangan yang ada di depan koma yang dapat masuk, contoh anda memiliki bilanga 555,23 lalu anda memasukan kedalam Tipe Data integer maka yang akan masuk hanya 555, contoh penulisan variabel yang memiliki Tipe Data Integer :
<?php
$a = 12345;
$b = 5000;
?>
Doubles/Float/Real
Tipe Data ini merupakan Tipe Data yang memuat bilangan pecahan dan bilangan bulat Float memiliki sedikit perbedaan dengan integer, perbedaanya hanya terdapat di koma jika integer tidak dapat menerima masukan koma maka Doubles/Float/Real kebalikanya Tipe Data ini dapat menerima koma. Namun yang perlu pembaca perhatikan pada saat nanti penilisanya komputer tidak mengenal "," dan koma itu sendiri di gantikan dengan "." (titik), Contoh penulisan tipe data ini adalah :
<?php
$a = 123.45;
$phi = 3.14;
?>

Boolean

Tipe data yang selanjutnya adalah Tipe Data Boolean yang hanya memiliki 2 nilai yaitu TRUE/FALSE atau BENAR/SALAH atau juga HIDUP/MATI, Tipe Data ini biasanya digunakan untuk menetukan sebuah kondisi. Contoh penulisan serta penggunaan Tipe Data Boolean di PHP :
<?php
if(TRUE){
echo "Im Codepolitan Rangers";
} else {
echo "im designer Comic";
}
?>

Null

Tipe Data yang satu ini hanya memiliki satu nilai yaitu NULL atau kosong, berikut merupakan contoh penggunaan Tipe Data NULL di PHP:
<?php
$a = null;
?>

String

Tipe Data yang selanjutnya adalah tipe data yang memuat segala karakter huruf, angka, simbol, Tipe Data ini memiliki ciri pada penulisan yang di apit oleh kutip. Berikut merupakan contoh penggunaan Tipe Data String di PHP:
<?php
$a = "Aku seorang Coders";
$b = "jumlah dari 5 di tambah 5 adalah 10";
?>

Array

Tipe data ini adalah salah satu tipe data yang dapat menghubungkan kata kunci dengan nilai.
<?php

// membuat array kosong
$buah = array();
$hobi = [];

// membuat array sekaligus mengisinya
$minuman = array("Kopi", "Teh", "Jus Jeruk");
$makanan = ["Nasi Goreng", "Soto", "Bubur"];

// membuat array dengan mengisi indeks tertentu
$anggota[1] = "Dian";
$anggota[2] = "Muhar";
$anggota[0] = "Petani Kode";

Object

Tipe Data selanjutnya adalah Tipe Data yang menyimpan data dan informasi tentang cara mengolah data tersebut. Berikut adalah Contoh penggunaan Object di PHP :
<?php
class Codepolitan {
function Codepolitan() {
$this->wijay = "Saya seorang Coder";
}
}

// mendefinisikan penggunaan objek
$soffi = new Codepolitan();

// mengeluarkan nilai objek
echo $soffi->wijay;
?>

Resource

Tipe data yang jika di artikan ke dalam bahasa Indonesia ber-arti "Sumber Daya" ini adalah tipe data spesial yang mereferensikan keterkaitan luar melalui fungsi, berbeda dengan tipe data lainya tipe data ini berbentuk sebuah fungsi. berikut adalah daftar beberapa fungsi yang masuk kedalam tipe data Resource PHP :
mysqli_connect()
digunakan untuk menghubungkan ke database SQL.
ftp_connect()
digunakan untuk menghubungkan dan membuka protokol FTP.
imagerotate()
digunakan untuk memutar suatu gambar.


Comments

Popular posts from this blog

supply chain managamen shopee dan coco mart

Makalah klasifikasi sistem informasi

Identitas Nasional ppt,doc word