TRANSFORMASI INFORMASI KE BASIS KOMPUTER


KONSEP DAN APLIKASI SISTEM INFORMASI
(TRANSFORMASI INFORMASI KE BASIS KOMPUTER

    1. EVOLUSI PENGOLAHAN DATA
    2. TEKNIK-TEKNIK PENGOLAHAN DATA
    3. MANFAAT PENGGUNAAN KOMPUTER

1.       EVOLUSI PENGOLAHAN DATA



(1) Tahap Manual
Pada tahap ini ditandai dengan mulai dikembangkannya sistem perhitungan yang dilakukan ole manusia. 

(2) Tahap Mekanik
Tahap ini manusia mulai menggunakan mesin manual sebagai alat bantu pemrosesan data


(3) Tahap Mekanik-Elektronik
Tahap ini diawali dengan penemuan mesin tabulasi kartu plong  pada tahun 1890 sebagai mesin pertama yang bergerak secara mekanik elektronik dn lebih otomatis



(4) Tahap Elektronik
Tahap ini ditandai dengan penemuan komputer digital elekronik yang pertama pada tahun 1942
a)      Komputer Generasi Pertama (1945 -1959 )   Ciri2: menggunakan tabung hampa udara   ex: ENIAC (Electronic Numerical Integrator     and Calculator) 
b)      Komputer Generasi Kedua (1959 – 1963)   Ciri: trasistor  
                ex: Komputer IBM7070, IBM 1700, IBM 1600
c) Komputer Generasi  Ketiga (1963 –1965)                    Ciri: munculnya sirkui-sirkuit mini (IC)   
ex: IBM S/360  
d) Komputer  Generasi Keempat (1970-1980)   
ciri: LSI (Large Scale Integrated)   
ex: IBM 370
e) Komputer Generasi Kelima (1980 – ……..)                  ciri: VLSI (Very Large Scale Integration)   
ex: Komputer Desktop, Laptop,Netbook

TEKNIK PENGOLAHAN DATA DENGAN KOMPUTER




ü  yaitu merupakan suatu sistem pengolahan data yang membutuhkan tingkat transaksi dengan kecepatan tinggi.
ex:
ü  penumpang pesawat terbang dari suatu    bandara atau agen tertentu dapat memesan tiket  untuk suatu penerbangan tertentu dan  mendapatkan hasilnya kurang dari 15 detik, hanya  sekedar untuk  mengetahui apakah masih ada    tempat duduk di pesawat atau tidak. 
ü  Penggunaan mesin ATM
(2) Teknik Pengolahan Data Batch Processing
ü  yaitu teknik pengolahan data dengan  menumpuk  data terlebih dahulu dan  diatur pengelompokan  data tersebut  dalam kelompok-kelompok  yang disebut  Batch. Transaksi data diakumulasikan (batch) dalam kurun waktu tertentu sebelum dimasukkan ke dalam sistem.
ü  Contoh dari penggunaan batch processing adalah e-mail dan transaksi batch processing. Dalam suatu sistem batch processing, transaksi secara individual dientri melalui peralatan terminal, dilakukan validasi tertentu, dan ditambahkan ke transaction file yang berisi transaksi lain, dan kemudian dientri ke dalam sistem secara periodik. Di waktu kemudian, selama siklus pengolahan berikutnya, transaction file dapat divalidasi lebih lanjut dan kemudian digunakan untuk meng-up date master file yang berkaitan. 
(3) Teknik Pengolahan Data Time Sharing
ü  Adalah suatu teknik penggunaan online system oleh beberapa pemakai secara bergantian menurut waktu yang diperlukan pemakai. Disebabkan waktu perkembangan proses CPU semakin cepat, sedangkan alat Input/Output tidak dapat mengimbangi kecepatan dari CPU, maka kecepatan dari CPU dapat digunakan secara efisien dengan melayani beberapa alat I/O secara bergantian.
ü  Christopher Strachy pada tahun 1959 telah memberikan ide mengenai pembagian waktu yang dilakukan oleh CPU. Baru pada tahun 1961, pertama kali sistem yang benar-benar berbentuk time sharing system dilakukan di MIT (Massachusetts Institute of Technology) dan diberi nama CTSS (Compatible Time Sharing System) yang bisa melayani sebanyak 8 pemakai dengan menggunakan komputer IBM 7090.
ü  Contoh : Jaringan Komputer/ Networkgroup
(4) Distributed Data Processing System
ü  yaitu bentuk yang sering digunakan sekarang sebagai perkembangan dari time sharing system
ü  Contoh dari Distributed Data Processing System adalah: komputer yang dirancang untuk tugas-tugas melaksanakan proyek, analisis finansial, penjadwalan waktu dan akuntansi.
ü  Contoh lainnya, pengolahan data pada server yahoo yang tersebar hampir di seluruh dunia secara distribusi, setiap wilayah mempunyai server masing-masing. Seperti di indonesia mempunyai server tersendiri sehingga pengolahan data tidak di pusat melainkan di wilayah masing-masing, dll.
SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER (1)
ü  SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER merupakan sebuah sistem yang terintegrasi, sistem manusia mesin yang memanfaatkan perangkat keras dan perangkat lunak komputer, prosedur, dan basis data yang bertujuan untuk menyediakan informasi yang mendukung operasi, manajemen dan pengambilan keputusan dalam suatu organisasi.
ü  Dari definisi di atas terdapat beberapa kata kunci sbb:
ü  Berbasis Komputer  berarti komputer memegang peranan utama dalam operasional mesin.
ü  Sistem  Manusia /Mesin  menunjukkkan adanya interaksi antara manusia sebagai pengelola dan mesin sebagai alat untuk memproses informasi.
ü  Sistem basis Data Terintegrasi  adanya penggunaan basis data secara bersamasama (data sharing) dalam sebuah data base manajemen system.
ü  Mendukung Opera organisasi  berarti informsi yang diolah atau dihasilkan pada sistem digunakan untuk mendukung operasional organisasi.
ü  Pemanfaatan model manajemen dan pengambilan keputusan  untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat digunakan model-model manajemen dan pengambilan keputusan.
KEUNGGULAN PEMAKAIAN KOMPUTER
  1. Proses pengolahan yang cepat
  2. Tingkat akurasi informasi yang dihasilkan cukup tinggi
  3. Efisiensi sumber daya manusia
  4. Kemudahan berinteraksi dengan penggunanya
  5. Peningkatan nilai informasi
KETERBATASAN KOMPUTER
¨  Sehebat kemampuan komputer dan secepat apapun yang dilakukan komputer hanyalah terbatas sebagai lat mati yang yang tidak berfugsi apa-apa.
¨  Komputer hanya bekerja berdasarkan suatu algoritma tertentu saja.  algoritma yang dimaksud adalah suatu urutan langkah untuk melakukan proses dalam mendapat pekerjaan

REFRENSI
Wahyuno, Teguh. 2004. Sistem Informasi (Konsep Dasar, Analisis Desain dan Implementasi). Yogyakarta: Graha Ilmu.



Comments

Popular posts from this blog

supply chain managamen shopee dan coco mart

Makalah klasifikasi sistem informasi

Identitas Nasional ppt,doc word