paper tentang iklan di media massa
IKLAN JD.ID
JD.ID
merupakan salah satu perusahaan online
shopping yang sedang naik daun di
Indonesia. JD.ID dibentuk sebagai kerjasama antara JD.com dengan salah satu
perusahaan di Jakarta. JD.com merupakan salah satu toko online terbesar di China secara sejumlah transaksi, dan merupakan saingan
terbesar Alibaba, yaitu pemimpin pasar
China. Di Indonesia JD.ID bekerja sama dengan Provident Capital.
JD.ID
beroperasi di Indonesia sejak Oktober 2015, dan mulai mengiklankan produknya ke
media massa televisi. Dalam iklan JD.ID, sebagian besar menayangkan pembeli
yang tertipu keaslian produk yang telah dibelinya dari online shop, dan memang pada saat itu sampai saat ini kebanyakan online shopping menjual produk palsu.
Dengan banyaknya masalah tersebut JD.ID muncul disaat yang tepat. Dengan tagline andalannya “di jamin ori”, JD.ID memanjakan para pelanggan
di Indonesia dengan pelayanan yang andal, cepat, aman untuk memilih serangkaian
produk yang berkualitas asli dengan
harga yang kompetitif. Menurut saya semua iklan JD.ID yang ditayangkan di
televisi terlihat sangat menarik, karena sebagian besar masyarakat di Indonesia
telah mengalami masalah yang bisa dibilang sebagai penipuan. Masyarakat pada
umumnya lebih tertarik terhadap barang yang berharga murah tanpa memimikirkan
kualitas. Karna di imingi foto produk yang terlihat bagus dan berharga murah
masyarakat terpikat untuk membeli produk tersebut. Dan ketika produk sampai ke
tujuan, produk tidak sesuai dengan ekspetasi. Produk yang sudah di beli tidak
bisa dikembalikan, walaupun ada beberapa online
shop yang menyediakan fitur retur,
tetapi pembeli harus menanggung biaya kirim produk ke gudang online shop dan harus menunggu beberapa
hari untuk mendapatkan dananya kembali. Sebagian besar pembeli malas melakukan hal
itu karena terlalu rumit dan terpaksa pembeli harus menggunakan produk
tersebut.
Karena
penasaran dengan produk yang dijual, saya pun mencoba membeli satu produk di
JD.ID yaitu powerbank Xiomi 10000 mAh. Sebelum saya membeli produk itu, saya
membandingkan harga di JD.ID dengan online
shopping lainnya di Indonesia. hasilnya sangat memilukan, harganya sangat
berbeda jauh, dan akhirnya saya membeli powerbank di JD.ID. setelah beberapa
hari menunggu, paketnya sampai di alamat saya. Kesan pertama saya melihat paket
tersebut adalah sangat keren. Packaging nya
sangat bagus dan kuat, powerbanknya di bunkus dengan kardus yang bertulis
JD.ID, setelah saya membuka paket tersebut dan ternyata barangnya sangat premium, tentu kita bisa menilai
keaslian produk dari kualitas performanya, dan ternyata JD.ID memang menjual
barang yang berkualitas asli. Hal itulah yang membuat saya tertarik dengan
iklan JD.ID
Link iklan
IKLAN GOJEK
(CARI PAHALA)
PT
Gojek Indonesia atau biasa disebut Gojek adalah sebuah layanan jasa berbasis
aplikasi. Berdiri pada tahun 2011, dan pendirinya adalah Michaleangelo Maron
dan Nadiem Makarim. Saat ini gojek sangat terkenal, hampir semua masyarakat di
kota-kota besar seperti di Jakarta dan Bali menggunakan jasa gojek.
Ada
salah satu iklan Gojek yang ditayangkan di televisi Juni 2018, iklan tersebut
bertema mencari pahala, dimana pada waktu itu sedang berlangsung bulan Ramadhan.
Iklan tersebut diperankan oleh anak kecil, yang dimana anak tersebut belum tahu
apa itu pahala. Dia pun mencoba mencari pahala, karena mendengar ayahnya
mencari pahala di jalanan. bersama
teman-temannya dia mencoba mencari pahala dipasar, ternyata mereka malah
dikasih biji pala oleh ibu-ibu yang jualan, tak henti disana mereka mencari
pahala di warung, ketemu sih tapi dalam bentuk kerupuk, mereka lanjut mencari
dijalanan dan ketemu dengan bapak-bapak tukang las yang berwajah serem mereka
pun kabur dan sampai akhirnya ketemu dengan nenek-nenek yang belanjaannya
jatuh, anak ini pun menolong nenek tersebut. Nenek itu berkata besar pahala mu
nak, akhirnya anak itu memahami apa itu pahala.
Iklan
gojek yang satu ini menurut saya sangat bagus, karena waktu perilisan iklan ini
pas dengan datangnya bulan Ramadhan. Dimana dalam ajaran umat ilslam melakukan
kebaikan saat bulan Ramadhan, akan dilipat gandakan pahalanya. Dalam iklan
tersebut terdapat sebuah nilai positif yang di bisa di tiru, yaitu melakukan
kebaikan untuk mendapat pahala. Iklan tersebut mengajak para penonton untuk
melakukan sebuah kebaikan dan kebaikan tersebut bisa anda lakukan lewat gojek.
saya beberapa kali menggunakan jasa gojek, dan saya sangat puas dengan
pelayanan mereka, hal tersebut sama seperti yang di siarkan di iklan-iklan
gojek sebelumnya, pelayanan ramah fasilitas seperti masker dan penutup kepala
ditambah biaya yang sangat murah bila dibandingkan dengan ojek konvesional.
Link iklan
Comments
Post a Comment