paper tentang iklan di media massa


IKLAN JD.ID
          JD.ID merupakan salah satu perusahaan online shopping yang sedang naik daun di Indonesia. JD.ID dibentuk sebagai kerjasama antara JD.com dengan salah satu perusahaan di Jakarta. JD.com merupakan salah satu toko online terbesar di China secara sejumlah transaksi, dan merupakan saingan terbesar  Alibaba, yaitu pemimpin pasar China. Di Indonesia JD.ID bekerja sama dengan Provident Capital.
            JD.ID beroperasi di Indonesia sejak Oktober 2015, dan mulai mengiklankan produknya ke media massa televisi. Dalam iklan JD.ID, sebagian besar menayangkan pembeli yang tertipu keaslian produk yang telah dibelinya dari online shop, dan memang pada saat itu sampai saat ini kebanyakan online shopping menjual produk palsu. Dengan banyaknya masalah tersebut JD.ID muncul disaat yang tepat. Dengan tagline andalannya  “di jamin ori”, JD.ID memanjakan para pelanggan di Indonesia dengan pelayanan yang andal, cepat, aman untuk memilih serangkaian produk yang berkualitas asli dengan harga yang kompetitif. Menurut saya semua iklan JD.ID yang ditayangkan di televisi terlihat sangat menarik, karena sebagian besar masyarakat di Indonesia telah mengalami masalah yang bisa dibilang sebagai penipuan. Masyarakat pada umumnya lebih tertarik terhadap barang yang berharga murah tanpa memimikirkan kualitas. Karna di imingi foto produk yang terlihat bagus dan berharga murah masyarakat terpikat untuk membeli produk tersebut. Dan ketika produk sampai ke tujuan, produk tidak sesuai dengan ekspetasi. Produk yang sudah di beli tidak bisa dikembalikan, walaupun ada beberapa online shop  yang menyediakan fitur retur, tetapi pembeli harus menanggung biaya kirim produk ke gudang online shop dan harus menunggu beberapa hari untuk mendapatkan dananya kembali. Sebagian besar pembeli malas melakukan hal itu karena terlalu rumit dan terpaksa pembeli harus menggunakan produk tersebut.
            Karena penasaran dengan produk yang dijual, saya pun mencoba membeli satu produk di JD.ID yaitu powerbank Xiomi 10000 mAh. Sebelum saya membeli produk itu, saya membandingkan harga di JD.ID dengan online shopping lainnya di Indonesia. hasilnya sangat memilukan, harganya sangat berbeda jauh, dan akhirnya saya membeli powerbank di JD.ID. setelah beberapa hari menunggu, paketnya sampai di alamat saya. Kesan pertama saya melihat paket tersebut adalah sangat keren. Packaging nya sangat bagus dan kuat, powerbanknya di bunkus dengan kardus yang bertulis JD.ID, setelah saya membuka paket tersebut dan ternyata barangnya sangat premium, tentu kita bisa menilai keaslian produk dari kualitas performanya, dan ternyata JD.ID memang menjual barang yang berkualitas asli. Hal itulah yang membuat saya tertarik dengan iklan JD.ID

Link iklan


















IKLAN GOJEK (CARI PAHALA)
PT Gojek Indonesia atau biasa disebut Gojek adalah sebuah layanan jasa berbasis aplikasi. Berdiri pada tahun 2011, dan pendirinya adalah Michaleangelo Maron dan Nadiem Makarim. Saat ini gojek sangat terkenal, hampir semua masyarakat di kota-kota besar seperti di Jakarta dan Bali menggunakan jasa gojek.
Ada salah satu iklan Gojek yang ditayangkan di televisi Juni 2018, iklan tersebut bertema mencari pahala, dimana pada waktu itu sedang berlangsung bulan Ramadhan. Iklan tersebut diperankan oleh anak kecil, yang dimana anak tersebut belum tahu apa itu pahala. Dia pun mencoba mencari pahala, karena mendengar ayahnya mencari pahala di jalanan.  bersama teman-temannya dia mencoba mencari pahala dipasar, ternyata mereka malah dikasih biji pala oleh ibu-ibu yang jualan, tak henti disana mereka mencari pahala di warung, ketemu sih tapi dalam bentuk kerupuk, mereka lanjut mencari dijalanan dan ketemu dengan bapak-bapak tukang las yang berwajah serem mereka pun kabur dan sampai akhirnya ketemu dengan nenek-nenek yang belanjaannya jatuh, anak ini pun menolong nenek tersebut. Nenek itu berkata besar pahala mu nak, akhirnya anak itu memahami apa itu pahala.
Iklan gojek yang satu ini menurut saya sangat bagus, karena waktu perilisan iklan ini pas dengan datangnya bulan Ramadhan. Dimana dalam ajaran umat ilslam melakukan kebaikan saat bulan Ramadhan, akan dilipat gandakan pahalanya. Dalam iklan tersebut terdapat sebuah nilai positif yang di bisa di tiru, yaitu melakukan kebaikan untuk mendapat pahala. Iklan tersebut mengajak para penonton untuk melakukan sebuah kebaikan dan kebaikan tersebut bisa anda lakukan lewat gojek. saya beberapa kali menggunakan jasa gojek, dan saya sangat puas dengan pelayanan mereka, hal tersebut sama seperti yang di siarkan di iklan-iklan gojek sebelumnya, pelayanan ramah fasilitas seperti masker dan penutup kepala ditambah biaya yang sangat murah bila dibandingkan dengan ojek konvesional.  

Link iklan

 download versi .docx disini


Comments

Popular posts from this blog

supply chain managamen shopee dan coco mart

Makalah klasifikasi sistem informasi

Identitas Nasional ppt,doc word